Ganti Kurikulum Telan Rp171 Miliar

“Atau mungkin benar, kurikulum baru itu proyek buku Kementerian."

Pemerintah berencana mengubah kurikulum Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, serta Sekolah Menengah Kejuruan pada 2013 mendatang. Besarnya anggaran pergantian kurikulum pendidikan nasional tahun depan Rp171 miliar.

“Pergantian kurikulum pendidikan nasional itu tidak gratisan. Saya berharap besarnya anggaran penyempurnaan kurikulum pembelajaran dan pembukuan dalam rangka penyempurnaan kurikulum pendidikan nasional tahun 2013 berbanding lurus dengan output yang akan didapatkan,” kata Anggota Komisi X DPR Herlini Amran dalam keteranganna, Minggu 25 November 2012.

Herlini meminta Mendikbud memberikan laporan evaluasi perkembangan kurikulum pendidikan yang lalu kepada Panja Kurikulum Komisi X DPR sebelum menjelaskan kepada publik setiap hasil penelitian kurikulum, sekolah rintisan kurikulum, model kurikulum, dan bahan kebijakan yang dibiayai anggaran tersebut.

“Ini menjadi penting sebagai evaluasi bahwa Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan memang telah diteliti dan layak disempurnakan,” ujarnya.

Legislator PKS ini melanjutkan, kawatir jika evaluasi berbasis riset itu tidak dilakukan bisa jadi malkonsepsi penyusunan kurikulum. "Bisa saja produk akhirnya prematur seperti kurikulum-kurikulum sebelumnya,” katanya.

“Atau mungkin benar adanya, kurikulum baru itu proyek buku Kementerian," katanya, menambahkan.

Sumber : http://news.viva.co.id

This entry was posted by Unknown. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Powered by Blogger.