Indonesia Termasuk Negara yang Krisis Air Bersih

foto suarakawan.com
Jakarta - Indonesia masuk kategori krisis ketersediaan air bersih. Sekretaris Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum Mudjiadi mengatakan kondisi krisis air Indonesia hampir setara dengan negara miskin di Afrika yakni Etiopia. Pasalnya, Indonesia hanya mengandalkan cuaca untuk mencukupi persediaan air bersih.

"Jumlah penduduk Indoesia 250, maka ketahanan air untuk Indonesia hanya 52 meter kubik/ kapita/ tahun. Ini hampir sama dengan Etiopia, Amerika itu sudah sampai diatas 3000. Thailand saja diatas 300 meter kubik. Setingkat keandalan ini yang kita lihat bahwa kita lebih banyak ketersediaan airnya tergantung pada keadaan iklim atau cuaca. Pada iklim atau cuacanya jelek maka penyediaan airnya juga menurun."kata Mudjiadi.

Sekretaris Dirjen Sumber Daya Air Mudjiadi menambahkan, daerah yang paling kritis ketersediaan air terdapat pada Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara Timur. Kementerian Pekerjaan Umum pun berecana membuat 500 waduk untuk ketersediaan air di daerah-daerah.

Sumber : www.portalkbr.com

Leave a Reply

Powered by Blogger.