Komnas HAM : Polisi Juara Pelanggaran HAM

Jakarta - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) mencatat Kepolisian sebagai institusi pelanggar HAM nomor wahid tahun ini.

Wakil Ketua Komnas Ham Muhammad Nur Khoiron mengatakan pemeringkatan pelanggaran ini berdasarkan jumlah pengaduan dari masyarakat selama 2012. Kata dia, di antara pengaduan itu terkait dengan masalah intoleransi.

""Kita akan mendorong Polisi, di dalamnya juga kita akan mempertanyakan, mengevaluasi, meminta dengan tegas kepada Kepolisian, agar segera melakukan pembenahan lebih keras secara internal. Mungkin memang ada peraturan internal di Kepolisian, namun itu belum terasa di tingkat lapangan khususnya dengan masalah intoleransi."

Wakil Ketua Komnas Ham Muhammad Nur Khoiron menambahkan angka pengaduan ini merupakan angka yang tertinggi sejak lima tahun terakhir.
Sepanjang tahun ini, Komnas HAM menerima aduan tentang pelanggaran HAM oleh aparat kepolisian sebanyak 1700an aduan. Aduannya bermacam-macam. Di antaranya terkait dengan kasus penahanan dan penangkapan, diskriminasi hukum dalam penyidikan dan penyiksaan dalam pemeriksaan.

Sumber : kbr68h

This entry was posted by Unknown. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Powered by Blogger.