Tebingtinggi punya tempat sampah terpanjang

Sampah yang dibuang di pinggir jalan di Tebingtinggi. (irhamudin/koransindo)
Sampah yang dibuang di pinggir jalan di Tebingtinggi.
(irhamudin/koransindo)
Tidak hanya dijakarta, ternyata di Sumatera Utara juga terdapat tempat sampah terpanjang. Ini dapat dilihat di sisi Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) kelurahan Talang Gunung kecamatan Tebing Tinggi.

Ironisnya, sampah yang dibuang di pinggir jalan tersebut dilakukan oleh petugas Dinas kebersihan Kabupaten Tebingtinggi. Sampah yang seharusnya dibuang di lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA), justru dijatuhkan dibalik tembok.

Akibatnya, tidak sedikit sampah yang bertebaran dijalan baik dari arah Tebing Tinggi maupun dari arah Lubuk Linggau. Kondisi tersebut sangat disayangkan, karena lokasi tersebut hanya beberapa kilometer jaraknya dari kota Tebing Tinggi yang menjadi ibukota kabupaten Empatlawang.
Apalagi keberadaan TPA tersebut disisi jalan negara yang setiap hari dilintasi ratusan kendaraan dari berbagai daerah.

Menurut Musran, warga Talang Gunung yang membuang sampah tersebut adalah petugas kebersihan dengan menggunakan mobil. Dia mengaku tidak mengetahui alasan sampah tersebut tidak dibuang di bagian belakang tembok yang berupa jurang. Padahal menurutnya jika dibuang dibelakang tembok, jelas sampah tidak akan bertebaran kemana-mana.

“Mungkin karena sudah kebanyakan jadi mereka malas membuang ke bawah, sampah itu mereka tumpahkan saja dipinggir,” jelasnya, Kamis (13/12/2012).

Kondisi tersebut menurutnya sudah berlangsung lama. Bahkan sejak dibangun tembok dinding TPA dibagian sisi jalan, malah sampah kebanyakan dibuang bukan di belakang tembok itu.

Menurutnya tidak banyak warga yang mengeluhkan hal itu, karena lokasinya tidak didekat hunian warga. Hanya saja menurutnya, kondisi tersebut sangat tidak enak dipandang oleh pengendara yang melintas.

Pemkab Empatlawang melalui Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya (PUCK) sudah merencanakan untuk memindahkan lokasi TPA tersebut ke kawasan jalan poros Tebing Tinggi –Pendopo tahun ini.

Namun hingga penghujung tahun ini, belum ada kejelasan informasi jadi atau tidaknya lokasi tersebut dibangun.

Sumber : sindonews.com

This entry was posted by Unknown. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Powered by Blogger.