Keunikan rasa bawang goreng khas Palu

Ilustrasi bawang goreng.
©2013 Merdeka.com/dfonion.wordpress.com
Sebelumnya, kita telah membahas kenikmatan sajian kaledo khas kota Palu, Sulawesi Tengah. Gurih, segar, dan sangat menggugah selera. Uniknya, bawang goreng merupakan salah satu makanan wajib yang ditambahkan saat menyantap kaledo. Kabarnya, jika tidak memakai bawang goreng khas Palu, rasa kaledo jadi kurang mantap lho.

Bahkan, bawang goreng menjadi salah satu oleh-oleh khas Palu yang banyak diburu oleh para wisatawan. Mungkin banyak dari kita bertanya-tanya, apa enaknya bawang goreng dari Palu. Toh, semua bawang goreng itu sama saja. Terlebih, kita juga dapat menggorengnya sendiri di rumah.

Usut punya usut, ternyata yang membuat bawang goreng asli Palu terkenal hingga mancanegara itu karena bahan dasarnya. Yah, si bawang merah itu sendiri. Bawang merah khas Palu konon hanya bisa tumbuh di daerah ini saja. Rasanya gurih dan renyah sekali. Bahkan tidak ada rasa pahit yang tertinggal di lidah sama sekali, seperti waktu makan bawang goreng biasa.

Beberapa penjual bawang goreng Palu juga telah menjualnya secara online dengan harga yang cukup terjangkau. Namun tentu lebih mahal dari harga bawang goreng di pasaran. Harga 1 kg bawang goreng bisa mencapai Rp 175.000-200.000. Meskipun harganya terbilang cukup mahal, minat para wisatawan untuk membawa pulang oleh-oleh khas Palu ini tidak pernah surut.

Kurang lengkap rasanya, jikalau pergi ke Palu tidak membawa pulang oleh-oleh bawang goreng. Hmmm..Jadi ngiler!

Sumber : http://www.merdeka.com

This entry was posted in by Unknown. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Powered by Blogger.