Sarjana Kelautan Bersihkan Laut Bunaken

Manado - Ratusan sarjana kelautan Universitas Sam Ratulangi, Manado, yang tergabung dalam Ikatan Sarjana Kelautan Unsrat (ISKU), Sabtu, 1 Desember 2012, membersihkan sampah di kawasan taman laut Bunaken. Sejak pagi mereka mengangkat sampah ratusan karung.

Ketua panitia pelaksana kegiatan, Markho Tampi, mengatakan, jumlah sampah di taman laut terbaik di seluruh dunia ini terus bertambah. "Kami rata-rata pekerja lapangan yang berhubungan dengan dunia kelautan. Kami harus membersihkan taman laut kebanggaan warga Manado ini," kata Tampi kepada Tempo.

Menurut Tampi, kegiatan membersikan taman laut Bunaken akan dijadikan kegiatan rutin oleh ISKU. Apalagi antusiasme para alumni maupun para calon sarjana untuk ikut dalam kegiatan ini cukup tinggi. "Ini merupakan bentuk kepedulian kami atas tempat kami mencari nafkah, yakni di laut," ujarnya.

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Manado, Julises Oehlers, yang ikut dalam kegiatan pembersihan, mengakui bahwa kondisi taman laut Bunaken memang kotor karena dipenuhi sampah. Namun banyaknya sampah karena kawasan taman laut Bunaken merupakan tempat pertemuan muara sungai dari seluruh wilayah di Sulawesi Utara. "Sampah yang dibuang warga dari seluruh daerah di Sulawesi Utara, termasuk Kota Manado, semuanya ke laut Bunaken,” ucap Julises.

Julises juga mengatakan bahwa Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Manado sebenarnya sudah memasang jaring penangkap sampah. Tapi belum mampu mengatasi banyaknya sampah.

Sumber : tempo

This entry was posted by Unknown. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Powered by Blogger.