Meletus, Gunung Lokon Hembuskan Abu Vulkanik 2,5 Km

 Gunung Lokon di Tomohon, Sulawesi Utara meletus

Geliat Gunung Lokon sudah terlihat sejak semalam.

Gunung Lokon yang terletak di Kota Tomohon, Sulawesi Utara kembali meletus Senin 26 November 2012 sekitar pukul 11.17 Wita. Saat erupsi, gunung setinggi 1579 meter itu menghembuskan abu vulkanik setinggi 2,5 kilometer (km).

"Detuman sangat keras terdengar saat meletus," kata Ketua pos pemantau Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Geologi (PVMBG), Farid Bina.

Menurut dia, geliat gunung ini sudah tampak sejak semalam, di mana kegempaan sismograf meningkat. "Siang ini meletus supply energi juga masih bertambah. Hanya di khawatirkan jika terjadi letusan susulan. Tapi mudah-mudahan itu tidak terjadi" katanya.

Secara terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulawesi Utara, Hoyke Makarawung mengimbau warga tetap waspada dan tidak panik. Dia juga melarang warga untuk beraktivitas di zona larangan. "Gunung Lokon masih berstatus siaga (level III). Warga dilarang untuk beraktivitas pada radius 2,5 km dari pusat kegiatan, kawah Tompaluan," ujarnya. Sebelumnya, gunung ini pun meletus pada Minggu 11 November lalu. Hampir sepanjang tahun ini, gunung tersebut menggeliat.

Sumber :  http://news.viva.co.id

This entry was posted by Unknown. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Powered by Blogger.